RSS

BAB III ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KHUSUSNYA KERETA API EKSKUTIF GAJAYANA MALANG

07 Jan

BAB III

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

3.1 Hasil

Tabel 1 Tingkat kepuasan total pengguna jasa menurut frekuensi penggunaan adalah sebagai berikut

Frekuensi penggunaan Total kepuasan
Sering 2.50
Jarang 2.75
Rata-rata  kepuasan 2.625

Sumber: Data primer diolah (2003).

Ket: Skor kepuasan rata-rata total dari seluruh sampel adalah 2.625,dan dapat kita sumpulkan jika nilai yang diperoleh menunjukan bahwa skor kepuasan tersebut adalah rendah,karena range yang digunakan yaitu pada skala 1 menunjukan tidak puas sampai skala 5 yang berarti sangat puas.

Tabel 2 Tingkat kinerja dimensi‑dimensi kualitas jasa menurut frekuensi penggunaan jasa

Kualitas jasa Sering Jarang
Aspek fisik 0,77(5.07)
Reliabilitas 0,91(6,70)
Daya tanggap 0,86(4,85)
Jaminan
Empati
Harga 0,82(5,89)

 

Sumber. Data primer diolah (2003).

Ket: Kelompok pengguna jasa KA. GAJAYANA yang tergolong sering & tingkat kepuasan konsumen ini disebabkan oleh dimensi‑dimensi kualitas jasa, yaitu reliabilitas (y=0,91) dan harga (y=0,82). Di dalam dimensi reliabilitas, kelompok pengguna ini menekankan pada faktor‑faktor seperti ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, dan sistem penjualan tiket. Pada kelompok pengguna jasa yang tergolong jarang & tingkat kepuasan konsumen ini dipengaruhi oleh faktor daya tanggap (y=0,86) dan aspek fisik (y=0,77) dari kualitas jasa. Bagi kelompok konsumen ini, karena jarang menggunakan jasa angkutan K.A. GAJAYANA, maka para konsumen ini bersandarkan pada aspek‑aspek fisik dalarn menilai kualitas, karena lebih mudah untuk dinilai.

v  Deskripsi Kesetiaan Merek

Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Untuk mendeskripsikan variabel kesetiaan merek (Y) melalui atribut-atributnya dapat dilihat pada Tabel 2. berikut ini;

 

Kesetiaan n Range mean Stndr.deviasi
keseringan 100 3 2.28 1.16
Kenyamanan 100 4 2.56 .96
Makanan 100 4 4.20 .95
Peyanan 100 3 4.28 1.05
Jaminan 100 4 2.26 .75
kesopanan 100 3 3.98 .99

Penilaian responden untuk atribut-atribut variabel kesetiaan merek pada table 2,

terlihat bahwa atribut keseringan makan di restoran (KESERINGAN) mendapat penilaian kurang sering dengan variasi yang cukup tinggi, namun hal ini tidak akan mengurangi penilaian terhadap pelayanan yang diterima, karena pelayanan yang diberikan restoran sudah memenuhi standar yang ditetapkan restoran. Untuk atribut merekomendasi kepada orang lain (REKOMENDASI) kenyamanan (NYAMAN) dan kesukaan dengan pelayanan yang diperoleh mendapat penilain yang cukup baik, sedangkan atribut lainnya mendapat penilaian yang cenderung sangat baik dengan variasi yang hamper sama

 

v  Deskripsi Kepuasan Konsumen

Peneliti melakukann deskripsi terhadap atribut pembentuk variabel kepuasan konsumen, maupun atribut pembentuk loyalitas merek melalui penilaian konsumen dengan berfokus kepada ukuran mean, range, dan standar deviasi, yang akan memberi gambaran tentang ukuran pemusatan maupun ukuran variasi masing-masing atribut.

Kesetiaan n Range mean Stndr.deviasi
Harga 100 4 3.76 .95
Kualitas 100 3 4.02 .93
Keandalan 100 3 3.64 .96
Kemudahan 100 4 3.88 1.02
Kesediaaan 100 3 3.74 .92

 

data pada Tabel 1, menggambarkan bahwa kepuasan konsumen melalui variabel
X1 = Attributes related to the product, terdiri dari atribut kesesuaian harga dengan
nilai yang diperoleh (HARGA) terlihat bahwa mean 3.75 artinya konsumen cenderung
setuju, dilihat dari range = 4 dan standar deviasi 0.95 artinya ada perbedaan yang
cukup besar untuk penilaian atribut ini dan terdapat pengelompokkan pada penilaian
yang netral dan tidak puas. Untuk atribut kesesuaian kualitas layanan dengan harapan. Untuk atribut kesesuaian kualitas layanan dengan harapan (Kualitas) terlihat mean = 4.02, range = 3, dan standar deviasi 0.93 menggambarkan kualitas layanan sudah baik dimata konsumen dan penilaian lebih mengelompok pada netral dan setuju, sedangkan untuk atribut kesesuaian keandalan layanan dengan
harapan (KEANDAL) terlihat penilaian konsumen tidak berbeda dengan atribut
HARGA. Kepuasan konsumen diuku menurut variabel X2 = Attributes related

 

 

v  Analisis varian

 

Sumber Jmlh kuadrat Db Kuadrat tengah F sig
Regression 15.824 3 5.725 34.704 0.00

 

Berdasarkan data di atas maka dapat dikatakan bahwa model hubungan kausal yang dibangun dengan model regresi berganda; Y = β0 + β1X1 + β2 X2 + β3X3 + ε . dapat terjelaskan dengan baik, terlihat dari angka significan (F = 34.704 atau p = 0.000), artinya kemampuan variabel kepuasan mampu menjelaskan variabel kesetiaan merek dari dalam model untuk restoran waroeng steak & shake sudah baik yang dapat nampak dari nilai koefisien determinasi R2 = 52.03 % , artinya kemampuan kepuasan konsumen dalam menjelaskan keragaman kesetian merek dari dalam model sebesar 52.03%, sedangkan faktor lain yang tidak teramati namun dapat mempengaruhi kesetian merek restoran ini sebesar 47,97%.

Model Y Koefisien tdk standar Koefisien standar t Sig.B Std. Error Koefisien standar beta t sig
(Constan) .733 .129 5.690 .000
X1 .207 .053 .302 3.902 .000
X2 .263 .056 .370 4.664 .000
X3 265 .048 .375 5.47 .000

Pada tabel 4, ditemukan persamaan regresi ; Y = .733 + .207 X1 + .263 X2 + .265 X3, menunjukkan bahwa ketiga variabel kepuasan konsumen (X) yaitu X1 = Attributes related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related to the purchase berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesetiaan merek (Y). Dilihat dari koefisien standar maka variabel X3 (Attributes related to the purchase) mempunyai pengaruh yang lebih dominant, jika ditelusuri lebih jauh, maka variabel yang dijelaskan oleh atribut KESOPANAN, PENYAMPAIAN, KEMUDAHAN, REPUTASI, dan PERMINTAAN, mempunyai penilaian yang cenderung puas dan sangat puas.

KESIMPULAN DAN SARAN

Dari pengolahan data, analisis, dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Skor kepuasan rata-rata total dari seluruh sampel adalah 2.625, dan dapat kita sumpulkan jika nilai yang diperoleh menunjukan bahwa skor kepuasan tersebut adalah rendah,karena range yang digunakan yaitu pada skala 1 menunjukan tidak puas sampai skala 5 yang berarti sangat puas.

Saran

Peran serta dan kepedulian pemerintah mungkin merupakan solusi yang dapat memberikan efek yang paling besar bagi perkembangan kemajuan sarana transportasi yang ada di negara kita,dengan memberikan perhatian berupa pemeliharaan fasilitas seperti sarana pengembangan alat transportasi.

Meningkatkan Pengetahuan baik bagi para penumpang, maupun para pekerjanya untuk dapat menjaga fasilitas yang kita gunakan sebaik mungkin.

Melakukan pemantauan atau scanning mengenai kondisi dan lingkungan dalam usaha pelestarian transportasi menuju kearah yang lebih maju.

 
Leave a comment

Posted by on January 7, 2011 in Metode riset

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: