RSS

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI KHUSUSNYA KERETA API EKSKUTIF GAJAYANA MALANG (BAB2)

07 Dec

BAB II

METODOLOGI


Dalam melakukan penulisan ini penulis menggunakan beberapa metodologi,tujuannya agar apa yang penulis tulis bisa dibuktikan kebenaranya dan Untuk alasan inilah mengapa metodologi menjadi langkah yang amat penting dalam penelitian ini.

2.1 Objek penelitian.

Dalam hal ini peneliti mangambil objek penelitian pada pengguna jasa pelayanan transportasi Kereta Api Eksekutif Gajayana Malang, PT KAI Persero adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada jasa pelayanan transportasi Kereta Api yang ada di Indonesia.

2.2 Metode Pengambilan Data

Untuk melakukan penelitian ini penulis mendapatkan data dengan menggunakan berbagai cara,data didapat dengan menggunakan Teknik Sebagai berikut;

1.Penelitian lapangan.

  • Kuisioner:Proses pengumpulan data dengan kertas sebagai medianya yang tentu saja didalamnya telah diberi beberapa buah pertanyaan untuk diisi oleh responden
  • Wawancara:Proses pengambilan data secara langsung terhadap responden dengan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan tema secara tatap muka.
  • Observasi:pengambilan data dengan pengamatan langsung terhadap objek penelitian.

2.Kepustakaan

Cara ini dimaksud penulis untuk mendapatkan informasi yang relevan dan teoritis yang diperoleh melalui jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penulisan, buku-buku, atau artikel yang berkaitan dengan tema.

2.3 HIPOTESIS

HO: Konsumen kurang merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan PT KAI

HA: Konsumen terpuaskan terhadap pelayan yang di berikan PT KAI.

2.4 Alat Analisa Yang Digunakan.

Dalam penulisan ini penulis menggunakan beberapa Alat analisa untuk membantu kelancaran dalam penulisan.

  • Analisis Deskriptif

Metode ini bersifat menjelaskan (explanatory research)

populasi: mencakup konsumen yang berusia diatas 18 tahun dan telah menggunakan jasa angkutan kereta Api Gajayana kurang lebih selama 1 tahun.

Sampel: minimal 100 responden dengan tujuan agar memenuhi asurnsi minimal jumlah sampel dalam pemodelan structural equadon model

  • Analisa kuantitaif.

Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabel bebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributes related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related to the purchase Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausal antar kedua variabel di atas adalah model regresi berganda ;

Y = β0 + β1X1 + β2 X2 + β3X3 + ε .

Uji Skala likert dengan menggunakan variabel X dan Y.

Rumus :

TKi = Xi* x 100%

Yi

Ket:     Tki=tingkat kesesuaian responden

X=Skor penilaian kinerja perusahaan

Y=Skor penilaian kepentingan pelanggan

Dimana dari hasil perhitungan yang dilakukan diatas mempunyai bobot yang diberikan sebagai berikut

Nilai korelasi

Interpretasi

Tingkat kepuasan

5

Tinggi

Sangat puas

4 Cukup tinggi

Puas

3

Agak rendah

Cukup puas

2

Rendah

Kurang puas

1

Sangat rendah

Sangat kurang puas

 
Leave a comment

Posted by on December 7, 2010 in Metode riset

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: