RSS

Review Jurnal 2(revisi)

01 Nov

Tema:   Kepuasan konsumen

Judul:    Analisis kepuasan konsumen pelanggan pada rumah makan sederhana  Mba Sum

Oleh:     Ria rezkiana(2009)

Latar belakang:

Dalam era globalisasi persaingan bisnis sangat tajam,baik dipasaran domestic maupun internasional. Banyaknya persaingan bisnis yang sama menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik usaha, salah satu contohnya adalah warung makan mba Sum. Karena sang pemilik ingin agar usaha warung sederhananya bertahan lama sehingga pemilik berusaha mencari solusi untuk mewujudkan impianya.

Hal utama yang biasa diperhatikan dan diprioritaskan adalah dengan membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bauran pemasaran(Marketing Mix). Jika pelanggan terpuaskan maka mereka akan berfikir untuk kembali ke rumah makan tersebut dilain kesempatan mungkin dengan kerapat atau koleganya. Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang optimal terhadap pelanggan.

Tujuan penelitian:

Tujuan penulis membuat penulisan ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pelangggan terhdap kinerja rumah makan sederhana Mba Sum,apakah telah memenuhi kepuasan pelanggan yang berkunjung atau justru sebaliknya.

Metodologi:

 

  • Variabel:

 

menggunakan variable X dan Y.dengan menggunakan diagram kartesius

Tki= X/Y*100%

ket:

Tki=tingkat kesesuaian responden

X=Skor penilaian kinerja perusahaan

Y=Skor penilaian kepentingan pelanggan

  • Objek penelitian:

Warung makan sederhan Mba Sum

  • Metode penelitian:

Observasi dan survey yaitu penulis mendatangi langsung dan melakukan pengamatan diwarung mba Sum agar dapat data akurat.

 

  • Model penelitian:

 

Penelitian ini merupakan penelitian analisis

 

Kesimpulan:

Dari hasil penelitian yang telah dibuat dan diuji maka didapat hasil sebagai berikut:

Ternyata pelaksanaan rumah makan Mba Sam belum memenuhi criteria memuaskan karena kurang dari 100%,namun ada beberapa criteria yang menurut palanggan telah memuaskan yaitu:

-Jam buka pkl 06.00 sampai dengan 21.00(bersifat empati)

-Layanan delivery pada menu catering(bersifat empati)

-Harga yang saat ini ditawarkan(bersifat empati)

-Panyajian makanan yang sesuai dengan pesanan(bersifat daya tanggap)

Saran tambahan:

-Coba lebih memperhatikan rasa pada makanan yang disajikan

-Lebih bersikap ramah dan sopan dalam pelayanan

 

 

 
Leave a comment

Posted by on November 1, 2010 in Metode riset

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: