RSS

Review jurnal 1(revisi)

01 Nov

Tema:   Kepuasan konsumen

Judul :   Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek

(Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya)

Oleh:     Hatane Samuel*),Foedjiawati*),

  • Ø Latar belakang masalah:

Menyebutkan kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan  antara kesannya terhadap kinerja (hasil)sesuatu produk dengan harapannya (kotler)

Masyarakat modern memiliki aktivitas kerja yang tinggi sehingga mereka menginginkan makanan yang cepat saji untuk menghemat waktu untuk mereka beraktivitas, Aktivitas tersebut berdampak pada semakin banyak wanita pekerja atau karir yang menghabiskan waktu di luar rumah, sehingga kesulitanuntuk mereka menyiapkan makanan,apalagi unuk mereka yang telah memiliki kehidupan berumah tangga,karena mereka harus menyiapkan makanan bukan untuk dirinya seorang melainkan untuk suami dan anaknya. Dalam hal ini mereka lebih mengedepankan waktu sehingga sering sekali mereka membeli makanan cepat saji yang biasanya tersedia direstoran. The Prime Steak & Ribs salah satu badan usaha restoran membuka usahanya pada 11 November 2002 berlokasi di Jl. Manyar Kertoarjo 66, Surabaya.

Restoran ini mencoba masuk pada persaingan yang sudah ketat dengan merebut pangsa pasar yang sama dengan restoran lainnya Berdasarkan hasil survey awal, ada fenomen bahwa konsumen restoran ini makin hari makin bertambah, dan terlihat ada kesetiaandari pelanggannya dilihat dari frekuensi kunjungan mereka,Maka dari itu Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukkanmanajemen mengevaluasi keberhasilan dalam mengelolah restoran menghadapipesaing yang makin ketat dan agresif.

Oleh karena itu sebagai usaha yang bergerak pada usaha rumah makan maka perusahaan harus memberikan pelayanan yang lebih optimal terhadap pelanggan walaupun saat ini perusahaan rumah makan ini tengah berada pada kesuksesan.

  • Tujuan Penelitian:

Untuk  melihat pengaruh kepuasan konsumen terhadap kesetiaan merek pada penelitian ini,

  • Metodologi:

Variabel:

Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut,habitual behaviour,switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabelbebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributesrelated to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes relatedto the purchase Model statistika yang dipakai untuk menyatakan hubungan kausalantar kedua variabel di atas adalah model regresi berganda ; Y = β0 + β1X1 + β2 X2 +

β3X3 + ε .

Objek penelitian:

Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya

Metode penelitian:

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetianmerek, kemudian dicari hubungan kausal antara kepuasan konsumen dengan kesetian merek tersebut.

 

Model penelitian:

Populasi, Sampel dan Data

Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran The Prime Steak &Ribs yang berdomisili di Surabaya dengan sample diambil dengan cara acak sederhana berdasarkan nomor pengunjung dalam satu minggu pertama dan satu minggu terakhir dalam bulan Mei 2003, sebanyak 110 sampel. Data diperoleh melalui kuesioner yangdijawab responden terhadap pernyataan yang dibuat tentang kesetiaan produk dan kepuasan konsumen. Skala pengukuran yang dilakukan adalah semantic differensialscale (diukur dalam 5 point skala 1= sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = netral, 4= setuju, 5 = sangat setuju), skala pengukuran ini kemudian ditransformasi kedalamskala Likert yang telah memenuhi skala pengukuran interval.

 

  • Ø Kesimpulan:

Kepuasan konsumen untuk beberapa atribut masih mempunyai variasi penilaian yang tinggi, hal ini tentu berkaitan dengan segmentasi konsumen yang berbeda dengan tuntutan pelayanan yang berbeda pula.Terdapat hubungan pengaruh positip yang signifikan antara kepuasan konsumendengan kesetiaan merek, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini mendukung teori tentang kesetiaan merek.

  • Ø Saran lanjutan:

Berdasarkan kesimpulan diatas maka perusahaan tersebut bisa memberikan kepuasan lebih dengan cara:

  1. Memberikan kartu member atau berlangganan terhadap pelanggan setia
  2. Perusahaan dapat melakukan stimuli untuk menaikan kesetian pelanggan,sehingga pelanggan tersebut bisa datang dengan membawa teman atau keluarga
 
Leave a comment

Posted by on November 1, 2010 in Metode riset

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: